Cara Menghemat Baterai Saat Dalam Perjalanan

Di Artikel Android 36 views
Cara Menghemat Baterai Saat Dalam Perjalanan – Powerbank sudah menjadi perlengkapan wajib saat dalam perjalanan (Gambar Freesoftwareseries.com)
Cara Menghemat Baterai Saat Dalam Perjalanan

Pengguna ponsel tentu berharap bisa memiliki ponsel yang memiliki baterai dengan kapasitas besar sehingga tidak cepat habis dayanya. Tetapi apa daya saat membeli ponsel belum ada ponsel yang memiliki baterai dengan kapasitas besar seperti sekarang.

Kalau pun ada beberapa ponsel dengan baterai berkapasitas besar harganya di atas 1 jutaan. Sehingga Anda harus nabung terlebih dahulu jika ingin memiliki smartphone dengan kapasitas besar sekitar 3.000 mAh atau lebih dari itu.

Oleh karena itu sebagai pengguna harus bijak menggunakan ponsel tersebut agar tidak cepat habis apalagi ketika sedang dalam perjalanan. Baterai smartphone cepat habis karena beberapa faktor selain karena kapasitasnya yang kecil juga karena beberapa aplikasi yang menyerap baterai cukup besar.

Berikut ini cara menghemat baterai saat dalam perjalanan :

  1. Matikan WiFi, Ketika dalam perjalanan sebaiknya matikan akses wifi jika tidak tersedia layanan wifi di kendaraan Anda. Karena dengan menyalanya akses Wifi secara otomatis akan menyedot baterai smartphone Anda.
  2. Matikan Google Maps, Google Maps memang dibutuhkan saat perjalanan tetapi sebaiknya gunakan pada saat-saat perlu dan penting saja, selebihnya non aktifkan agar baterai smartphone Anda tidak cepat habis.
  3. Jangan Putar Musik, Bagi Anda pencinta musik tentu adanya smartphone dapat menjadi teman atau penghibur saat dalam perjalanan. Tetapi tahukah Anda bahwa penggunaan musik secara terus menerus akan menyebabkan smartphone Anda cepat habis. Untuk mendengarkan musik saat merasa jenuh selama perjalanan, ada baiknya Anda membawa perangkat pemutar musik sendiri seperti walkman, atau MP3 player.
  4. Matikan jaringan 4G saat tidak dibutuhkan, Koneksi 4G memang memiliki kecepatan internet yang lebih kencang dari 3G, HSDPA, EDGE atau GPRS. Tetapi daya yang dibutuhkan smartphone juga lebih besar. Saat melakukan perjalanan jauh dan sinyal tidak stabil sebaiknya matikan koneksi jaringan 4G jadi smartphone hanya digunakan untuk telepon, SMS, dan sesekali memeriksa media sosial atau aplikasi perpesanan.
  5. Menurunkan tingkat kecerahan layar smartphone, Bagi Anda pengguna smartphone dengan layar sentuh atau touchscreen. Ada baiknya mengatur tingkat kecerahan layar (brightness) sampai level minimum tetapi masih bisa dilihat mata. Selain itu persingkat pula pengaturan jangka waktu otomatis layar menyala. Hal ini dijamin akan membuat daya baterai smartphone Anda akan lebih panjang.
  6. Menon-aktifkan fitur getar, Fitur getar atau vibrate pada smartphone biasanya memakan lebih banyak daya dibandingkan dengan menyalakan nada dering. Oleh karena itu ada baiknya Anda mengaktifkan nada dering dengan suara pelan sebagai penanda untuk panggilan telepon atau SMS yang masuk, daripada mengaktifkan nada dering dan vibrate secara bersamaan pada smartphone Anda.
  7. Minimalisir bermain game, Jika Anda senang bermain game ada baiknya pada waktu-waktu tertentu saja seperti saat terjebak dalam kemacetan, mengusir jenuh atau sampai di tempat tujuan. Namun, pada saat dalam perjalanan kegunaan smartphone yang paling utama tentunya adalah untuk komunikasi dengan teman, kerabat atau keluarga. Maka, sebaiknya Anda menahan diri untuk tidak mengakses hiburan yang bisa mempercepat daya baterai habis seperti game atau membuka aplikasi tertentu di smartphone.
  8. Kelola aplikasi dan widget di Smartphone, Terkadang beberapa aplikasi otomatis berjalan dengan sendirinya meskipun Anda sudah menon-aktifkannya. Karena dengan aktifnya aplikasi tersebut akan membuat baterai smartphone Anda akan cepat habis. Begitu juga dengan widget pada smartphone Anda, sebaiknya tidak menggunakan widget-widget yang menyebabkan baterai cepat habis.

Tetapi semua permasalahan tersebut bisa teratasi jika memiliki powerbank. Saat ini terdapat berbagai pilihan powerbank di pasaran dengan berbagai merek, bentuk, dan kapasitas penyimpanan baterai.

Pilihlah powerbank yang sesuai dengan kebutuhan Anda, dan jangan lupa untuk ngecas powerbank terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan jauh atau Anda membawa baterai cadangan terutama untuk smartphone removable jika anda memilikinya.

Tags: #Battery #Cara #Powerbank #Tutorial

Digicoop Ponsel Asli Buatan Indonesia
Digicoop Ponsel Asli Buatan Indonesia
Digicoop Ponsel Asli Buatan Indonesia – Pemerintah
Redmi 4X Resmi, Redmi 3S Malah Jadi Primadona
Redmi 4X Resmi, Redmi 3S Malah Jadi Primadona
Broaris – SmartPhone merupakan telepon pintar yang memiliki
5 Fitur Baru pada Samsung Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus
5 Fitur Baru pada Samsung Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus
Perusahaan smartphone asal Korea Selatan yaitu Samsung,
Spesifikasi Xiaomi Mi 6 Bocor! Harganya Tetap Murah!
Spesifikasi Xiaomi Mi 6 Bocor! Harganya Tetap Murah!
Spesifikasi Xiaomi Mi 6 Bocor! Harganya Tetap
Baca Juga×

Top